26 November 2010

Hari Guru

Tanggal 25 Nopember entah siapa yang mulai menetapkan sebagai hari guru, apa sebabnya peristiwa apa saya nggak tau dan juga malas menelusuri tanggal apa yang dijadikan tonggak sejarahnya, tapi yang pasti pada hari itu adalah hari GURU ( heheh pokoknya hari guru titik )

Guru adalah orang yang sewaktu kita belajar yang ngajarin tulis baca di waktu SD, saya jadi ingat waktu itu di tahun 1971, kelas satu SD bu Guru yang tidak akan pernah di lupakan bagaimana sabar dan tekunnya beliau mengajari kami yang belum kenal dengan lambang dan simbol huruf huruf latin.

"Bi bi"
beh..!
beh..!
beh..!
i... !
i... !
i... !
atau bagaimana bunyi ibu di rumah menggoreng ? tanya beliau, serentak kami menjawab Seeeeeeeeeeeeeeeee...! , nah ini dia hurufnya C..!, semoga almarhumah ibu Gusnar mendapat tempat yang layak di sisiNya..Amin..! ya Rabb.

ilustrasi di atas mungkin juga rekan rekan punya cara yang lain di jari oleh ibu dan bapak guru, setelah generasi saya mungkin langsung memakai "ini budi" ya heheheh.

kemudian di jenjang yang lebih tinggi di SMP, bapak dan ibu guru juga mengajari hal hal yang masih belum kita ketahui, ada ilmu matematika, karena angkatan kami di namakan angkatan matematika, sebelumnya ada aljabar, ilmu ukur, yang kemudian di jadikan matematika, ya bapak dan ibu gurulah yang mengajari kita bagaimana mengetahui mathematika ini.
Cara dan metode beliau memang beragam sesuai dengan karakter beliau, ada yang lembut dan ada juga yang "Pemarah ", kalau yang lembut biasanya ibu guru yang ngajarin kita dengan lemah lembut, sehingga kadang kadang anak anak juga menganggap beliau snggak ada di dalam kelas ( heheheh maklum bandel ), tapi kalau bapak guru yang sedikit agak tegas dan keras, maka murid murid akan sedikit ketakutan waktu beliau masuk kelas dan mengajar , heheheh saya ingat bapak " Anwar " beliau ngajari Fisika..heheheh dikenal sebagai guru yang Killer, pemarah kata kami, tapi beliau tidak pernah main tangan cuman main jari saja ke kuping kita kita kalau bandel dengan memegang ujung kuping saja kita merasakan pedih yang luar biasa heheh entah bagaimana caranya beliau memegang tak taulah aku heheh pokoknya sakit hehehe.
pernah beliau memperagakan alat "stop wach" kepada kami, terus beliaumenanyakan untuk apa alat ini ?, heheh saking takut salahnya tidak satupun yang menjawab, kelas dalam keadaan hening mencekam ( hahahahaha ), trus mungkin beliau kesel juga maka dengan spontan beliau menjawab sendiri " ini adalah obat sakit perut ..! sambil menyimpan alat tersebut.
Ada juga bapak guru yang lucu dan kami semua di buat tertawa terpingkal pingkal, beliau adalah bapak Azra'i yang biasa di panggil pak AZ, mudah mudahan beliau di beri umur panjang dan kesehatan , beliau sebenarnya guru kesenian, beliau selalu membawa biola dan menggeseknya di depan kelas. mengiringi teman teman yang mau menyanyi, suatu waktu guru bahasa inggris berhalangan hadir, beliau masuk menggantikan ngajar bahasa inggris, heheheheh hebat juga beliau ya , tapi selama beliau ngajarin bahasa inggris anak anak pada ketawa melulu hehehe, karena tingkah beliau yang lucu kalau ngajar hehehh akhirnya beliau mulai kesel juga dan mengeluarkan biolanya heheh jadi kita nyanyi pakai bahasa inggris jadinya ..hahahahaha metode yang bagus..!

pada tingkat yang lebih atas ya di SMA, bapak dan ibu guru juga sama baik dan galaknya, hahaha , jadi ingat pak toren..( maafkan saya bapak ) guru Fisika , yang nama beliau sebenarnya adalah bapak Ali Umar ( kalau nggak salah ) , tapi turun temurun dari kakak kelas mengatakan beliau pak Toren, tapi jangan sampai beliau tahu di panggil toren hehehehehe ), trus juga ibu ningsih yang ngajarin Biologi mudah mudahan ibu dalam keadaan sehat sehat walafiat sampai saat ini heheheh ibu ini selalu menghafalkan nama latin dari setiap hewan dan tumbuhan......

ya bapak bapak dan ibu ubu guru yang lain tidak akan pernah dilupakan jasanya , karena kalianlah saya bisa menulis dan membaca serta menghidupi keluarga saat ini.

Selamat hari guru wahai para guru, semoga kalian para bapak dan ibu guru semuanya selalu bahagia dan penuh pengabdian. Tut wuri handayani.


sebagai ilustrasi ini lagu Oemar bakrinya Iwan Falas yang di ambil dari
http://www.youtube.com/watch?v=rrZw0gPR4vE


Tidak ada komentar:

facebook

https://www.facebook.com/b.katiksulaiman