03 Oktober 2008

Lebaran Macet Total

Perayaan hari raya idul fitri setelah berpuasa pada bulan ramadhan tahun 1427 H ini, pada hari kedua lebaran di Sumbar, setelah orang-orang bersilaturrahmi dengan keluarga serta handai taulan, yang pada umumnya perantau dari luar sumbar pada "mudik" pulang kampuang.
pada hari kedua ini, masyarakat tumplek blek, mencari tempat wisata, baik yang baru pulang kampung, maupun yang memanfaatkan liburan bersama selama 6 hari, menyebabkan jalur jalan dari Bukittinggi ke Padang mengalami macet total , bayangkan dari bukittinggi menuju padang panjang yang biasa ditempuh dengan hitungan menit pada sore hari kemaren ditempuh dalam waktu 3 jam.
saking banyaknya kendaraan yang melewati jalan padang -bukittinggi baik roda empat maupun roda dua, rata rata perplat nomor luar sumbar( A,B,D,F,Z,W,BH,BG,BE BK,BM,dan tentu saja BA ) merangkak menuruni lembah anai.
Ditambah lagi dengan plat nomor MERAH yang bersileweran di jalan ( saya sempat heran apakah para pejabat ini dinas juga pada saat hari lubur ini ???. kalau memang dinas ya Alhamdulillah, para pejabat masih mementingkan kepentingan masyarakat dari pada kepentingan pribadi bersilaturahmi bersama keluarga, tetapi kalau memanfaatkan fasilitas dinas untuk kepentingan pribadi, dimana gaji yang mereka terima sudah demikian besar, dan masih memakai fasilitas dinas untuk berlebaran yang nota bene tidak untuk kepentingan masyarakat banyak,kemanakah perginya hati nurani mereka ??.)
Macet terjadi sampai perbatasan kabupaten padang pariaman di lembah anai.
perjalanan yang dikira mudah dan santai ternyata berbuah pegal dikaki, karena menginjak pedal coupling dan rem dalam waktu yang lama.

Tidak ada komentar:

facebook

https://www.facebook.com/b.katiksulaiman